Arti Dari Sebuah Kegagalan

Kegagalan dan Keberhasilan

Pada pagi hari ini (23 Feb 2012) seorang saudari seimanku, Vili, menulis sebuah status yang menarik di BBM-nya. Tulisannya begini “Failure is a step closer to success“. Walaupun statement tersebut perlu diuraikan lebih lanjut, aku cukup senang mengetahui bahwa Vili mengerti bagaimana menghubungkan pengertian sebuah kegagalan dengan sebuah kesuksesan, yang secara logika sebenarnya bertolak belakang. Sama seperti + dan -, utara dan selatan, begitu pula gambaran kita mengenai kegagalan dan keberhasilan. Bagi seseorang untuk bisa berbalik ke arah yang berlawanan dibutuhkan sebuah TURNING POINT (TITIK BALIK). Tanpa titik balik ini… suatu kegagalan akan terus menjadi sebuah kegagalan. Yang menjadi pertanyaan yang menarik adalah bagaimana seseorang bisa menemukan titik balik ini dan berhasil merubah sebuah kegagalan menjadi  keberhasilan. Ini berbicara mengenai hal yang memotivasi manusia untuk berubah. Lain kali kita diskusikan masalah ini. So aku mau ucapkan well done buat Vili dan semoga di masa mendatang kita bisa diskusi lebih banyak lagi. Bukan maksud koko buat ngetes V, tapi supaya kita dapat membangun satu sama lain :) .


Arti Kata Gagal

Hari ini aku ingin membahas topik yang juga tidak kalah menariknya, yakni APA SIH ARTI DARI SEBUAH KEGAGALAN. Kalau Vili mengatakan kegagalan adalah satu langkah semakin dekat kepada keberhasilan, atau pernyataan yang lebih populernya mengatakan KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA, maka kita perlu tahu kapan kita disebut gagal… sehingga kita juga bisa mengetahui dan menghargai keberhasilan kita. Apa sih tolak ukur dan patokan kita mengenai kegagalan dan keberhasilan ? Menarik sekali untuk dipertanyakan bukan ?

Dunia BinerSebelum aku lanjutkan aku mau tekankan bahwa sama seperti kebanyakan saudara – saudari sekalian, aku hanyalah seorang awam yang tidak pernah mendalami ilmu filosofi maupun sosial. Jurusanku waktu kuliah adalah teknik komputer. Dalam dunia komputer segala sesuatu didefinisikan dalam bilangan biner (yakni 0 dan 1). Jadi benar atau salah, positif atau negatif, adalah sangat mudah dijelaskan dalam dunia komputer… karena kalau tidak 0 yah 1. Tetapi mendefinisikan suatu keberhasilan dan kegagalan… tidak semudah itu. Seandainya saja sebuah program komputer diminta menentukan sesuatu itu berhasil atau gagal, ia membutuhkan parameter – parameter yang dengan jelas sudah didefinisikan  terlebih dahulu (defined parameters). Dengan keterbatasan ilmu yang aku miliki… , melalui tulisan ini aku akan mencoba mempresentasikan apa yang bisa menjadi parameter sebuah keberhasilan dan kegagalan sejati… well yah namanya saja manusia… bisa saja apa yang akan kutulis ini salah semuanya hehehe. Namun juga semoga tidak mengecilkan semangat saudara – saudari untuk terus membaca tulisan ini. Semua hormat dan kemuliaan hanya bagi Tuhan kita Yesus Kristus.


Pesan Einstein Mengenai KeberhasilanAku sering menemukan banyak orang yang kedengarannya bijaksana atau sok bijaksana (hehehe) mencoba menjelaskan apa itu arti dari sebuah keberhasilan. Beberapanya adalah sebagai berikut:

  • Keberhasilan adalah sebuah proses. Pendapatku: of course everything is a process… bahkan buang air besar pun adalah sebuah proses :)
  • Keberhasilan adalah bagian dari kegagalan... diambil dari pengertian “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Pendapatku: gak sepenuhnya setuju… apa artinya kita selalu harus gagal dulu sebelum akhirnya berhasil ?
  • Keberhasilan adalah jika kita tidak pernah berhenti (tidak pernah menyerah) dalam melakukan sesuatu. Pendapatku: gak sepenuhnya setuju… kalau kita tidak pernah berhenti melakukan kesalahan, terus – menerus melalukan hal yang sama  dengan situasi kondisi yang sama, gimana bisa dapatkan suatu keberhasilan ? Karena untuk mendapatkan suatu hasil yang berbeda saja secara logika tidak mungkin.
  • Keberhasilan adalah melakukan apa yang Tuhan mau. Pendapatku: cukup setuju…  ini biasanya kata pendeta… very safe answer buat mereka yang sekolah di seminari hehehe.. walau masih juga aku tidak sepenuhnya setuju… karena aku mau mencari arti yang universal… baik untuk orang beragama maupun tidak… nanti aku  akan uraikan lebih lanjut.

Orang SenangMenurutku pengertian mengenai keberhasilan itu sangatlah sederhana.

KEBERHASILAN = MENDAPATKAN APA YANG KITA MAU (HARAPKAN).

Dan  kegagalan adalah lawannya, yakni ketika kita tidak berhasil mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Namun pengertian begitu saja tidak cukup… arti dari keberhasilan dan kegagalan JUGA BERGANTUNG DARI SIAPA ORANG YANG MENGALAMINYA.

Karena Tuhan menciptakan manusia dengan kehendak bebas… setiap orang  pada dasarnya diberikan kebebasan untuk menentukan batas  – batas keberhasilan / kegagalan mereka.

Dan karenanya aku akan bagi menjadi 2 kelompok, yakni:

  • Orang – orang di LUAR Kristus
  • Orang – orang di DALAM Kristus

1. Bagi orang di LUAR KRISTUS

Mereka Butuh Kasih Tuhan

Kalau seseorang pergi ke salon dan salah cukur rambut... itu adalah sebuah kegagalan (mendapatkan potongan rambut yang tidak sesuai dengan yang ia kehendaki)… tapi konsekuensinya tidak lama karena sebulan atau 2 bulan lagi, rambutnya akan tumbuh dan kembali lagi menjadi panjang.

Kalau seorang pelajar males – malesan belajar… dan akhirnya tidak naik kelas… itu adalah sebuah kegagalan (tidak mendapatkan keinginannya untuk naik kelas)… untuk yang ini pelajar tersebut membutuhkan waktu satu semester atau satu tahun sebagai konsekuensi untuk ambil ujian kenaikan kelas lagi.

Istri MarahKalau seorang pemuda salah pilih jodoh… mestinya menikahi Wati eh malah jadinya dengan Tuti… ternyata Tuti adalah istri yang bengis dan kejam… tiap hari kerjanya memukuli suami… ini juga adalah suatu kegagalan (tidak mendapatkan keinginannya akan istri yang baik). Nah yang ini…  konsekuensinya butuh waktu yang lebih lama untuk keluar dari kegagalan… yakni mungkin sampai maut memisahkan mereka berdua… atau kalau jaman sekarang sampai pengacara memisahkan mereka berdua :) .

Kalau kita lihat, setiap kegagalan ada konsekuensinya, namun separah – parahnya kegagalan tersebut… tetap saja ada peluang untuk keluar atau pulih ya. Karena ada faktor WAKTU. Sama seperti sebuah produk… banyak dari kegagalan memiliki masa habis pakai / berlaku (expiry date). Setelah masanya lewat maka sering kita bisa keluar dari kegagalan tersebut dengan mudahnya. Bagaimana kalau kita tiadakan faktor waktu ? Bayangkan di dalam tempat yang bernama KEKEKALAN… yang dengan demikian tidak ada expiry date ?

Api

Bayangkan orang di luar Kristus meninggal… dan dia berdiri di hadapan penghakiman Allah Bapa… dia mungkin terkejut karena tidak ada orang yang  pernah memberi tahu bahwa surga dan neraka itu benar – benar ada. Jika saat itu orang tersebut masuk neraka… ITULAH KEGAGALAN SEJATI… yang benar – benar tidak ada jalan keluarnya.

Jadi kegagalan bagi orang yang di luar Kristus ada 2:

  • Kegagalan sementara, yang masih ada dalam batasan WAKTU.
  • Kegagalan sejati (kekal), yang berada di ruang lingkup KEKEKALAN

Bagi seseorang di luar Kristus, cepat atau lambat ia harus berhadapan dengan kegagalan sejati… itu tidak dapat ter-elakkan. Walaupun ia mungkin memiliki keberhasilan yang luar biasa semasa hidupnya di bumi (keberhasilan sementara)… itu semua tidak akan ada artinya ketika ia mengalami kegagalan di dalam kekekalan.

Sedih

Markus 8:36 – “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya”

“In life, TO FINISH WELL IS MORE IMPORTANT than to start well” – Hartono Liem

2. Bagi orang di DALAM KRISTUS

Anak Tuhan

Bagi orang di dalam Kristus, kita TIDAK TERLEPAS DARI KEGAGALAN SEMENTARA. Kita pun sering mengalaminya sebagai bagian dari proses pembelajaran, pendisiplinan, dan pertumbuhan di dalam hidup ini. Itulah sebabnya kita diminta untuk mengejar HIKMAT.

Amsal 1:33 – “Tetapi siapa mendengarkan aku (hikmat), ia akan tinggal dengan aman, terlindung dari pada kedahsyatan malapetaka.”

Namun bagi orang yang SUNGGUH – SUNGGUH di dalam Kristus, kita ada kabar baik sehubungan dengan kegagalan sejati (kekal):

Yohanes 3:16 – “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, SUPAYA SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADANYA TIDAK BINASA, MELAINKAN BEROLEH HIDUP YANG KEKAL

Jadi paling tidak sebagai orang yang di dalam Kristus KITA ADA SOLUSI UNTUK menghadapi KEGAGALAN SEJATI (KEBINASAAN KEKAL). Ini adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Itulah sebabnya dikatakan:

Lukas 15:7 – “Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ADA SUKACITA DI SORGA KARENA SATU ORANG BERDOSA YANG BERTOBAT, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan “

Karena pada dasarnya Tuhan tidak mau satu pun manusia binasa.

2 Petrus 3:9 – “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, KARENA IA MENGHENDAKI SUPAYA JANGAN ADA YANG BINASA, MELAINKAN SUPAYA SEMUA ORANG BERBALIK DAN BERTOBAT.”

Salib Besar

Wah pasti semua saudara – saudari yang berada di dalam Kristus berkata dengan keras AMIN !!! Tetapi maaf aku gak mau merusak mood kalian… TUNGGU DULU…

Filipi 2:12 – “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu TETAPLAH KERJAKAN KESELAMATANMU DENGAN TAKUT DAN GENTAR…”

Rasul Paulus saja masih terus mengingatkan jemaat di Filipi untuk mengerjakan keselamatan tersebut dengan takut dan gentar… karena keselamatan itu bisa saja hilang kembali ketika kita murtad, menyangkal Yesus, dan menyangkal pengorbananNya bagi kita. Itulah sebabnya dikatakan kita harus memikul salib dan menyangkal diri kita. Perjalanan mengikuti Kristus itu tidak mudah !!! Tetapi hasilnya is very very worth it… BESAR UPAHMU DI SURGA… DI DALAM KEKEKALAN

Memikul Salib

Mari aku uraikan lebih lanjut kenapa jadi pengikut Kristus tidak mudah. Bahasa umum dari pengikut Kristus adalah Kristen / Kristiani / Christian. Tahukan saudara pengertian dari kata Christian tersebut ? Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani  Christianos. Asal – usul dari kata ini pun bervariasi, yuk kita amati:

  • Christianos = Christi + Anos. Ini adalah suatu ejekan dari banyak orang terhadap pengikut Kristus. Christi (Christos) artinya Kristus. Anos artinya unholly (tidak kudus), wicked (keji / jahat)… jadi secara keseluruhan christianos artinya Kristus yang jahat… ini adalah propaganda untuk menyesatkan para pengikut Kristus pada jaman setelah Yesus wafat, bangkit dan terangkat ke surga. Definisi ini kemudian berubah arti menjadi Kristus kecil (Little Christ) seiring dengan mulai bertumbuhnya toleransi terhadap pengikut Kristus. Pelajaran bagi kita: untuk mengikuti Yesus kita harus siap mental untuk diejek – ejek.
  • Christianos = Christ + Ianos. (Sesuai dengan tema yang sedang kita bahas, aku akan memberikan penekanan di sini). Christ = Kristus. Ianos = budak dari kata yang ia ikuti. Christ + Ianos = budak Kristus. Pelajaran bagi kita: tidak ada satu barang yang lebih mahal daripada DARAH PENCIPTAMU. Dengan itu Dia membayar dan MENEBUS kita. Kita yang menjadi BUDAK IBLIS ditebus oleh Yesus. Apakah artinya kita bebas sebagai orang merdeka dan bisa berbuat apa saja seenak kita ? Ternyata tidak… kita ditebus agar kita menjadi hambaNya. Kebebasan manusia sejati ternyata hanya didapati ketika mereka berada di dalam Kristus.

Kata sebagai budak memang terlalu keras untuk digunakan… maka perkenankanlah aku gunakan kata HAMBA. Sebagai seorang hamba… kita tidak lagi memiliki banyak hak. Tugas kita yang terutama adalah MELAYANI TUAN KITA. Keinginan kita adalah MEMENUHI KEINGINAN TUAN KITA.

Hati Seorang Hamba

Karenanya sehubungan dengan topik definisi keberhasilan dan kegagalan:

Keberhasilan bagi orang yang ada di dalam Kristus adalah KETIKA IA MELAKUKAN APA YANG TUHAN MAU IA LAKUKAN (PANGGILAN HIDUP).

Dan kegagalan adalah KETIKA RENCANA TUHAN TIDAK TERLAKSANA MELALUI HIDUPNYA.

Kita bisa berhasil di mata manusia namun menyimpang dari panggilan hidup kita, ini artinya kita tidak memenuhi tanggung jawab kita sebagai hambaNya… ini adalah kegagalan. Sebaliknya kita bisa terlihat gagal di mata manusia, namun ketika Tuhan dijadikan yang terutama di dalam hidup ini dan kita memenuhi panggilan kita, kita adalah orang yang berhasil di mata Tuhan. Beberapa bonus dari orang yang berhasil di mata Tuhan adalah berikut:

Matius 6:33 – “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka SEMUANYA ITU AKAN DITAMBAHKAN KEPADAMU

Yohanes 15:7 – “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, MINTALAH APA SAJA YANG KAMU KEHENDAKI, DAN KAMU AKAN MENERIMANYA.”

Roma 8:28 – “Kita tahu sekarang, bahwa ALLAH TURUT BEKERJA DALAM SEGALA HAL UNTUK MENDATANGKAN KEBAIKAN bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil  sesuai dengan rencana Allah.”

Ulangan 28: 13 – “TUHAN AKAN MENGANGKAT ENGKAU MENJADI KEPALA DAN BUKAN EKOR, ENGKAU AKAN TETAP NAIK DAN BUKAN TURUN,  apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia “

Dan pada dasarnya penggenapan semua janji – janji Tuhan di dalam FirmaNya. Itulah harta warisan sebuah keberhasilan sejati.

Kegagalan Tidak Menentukan Siapa KamuJika kita berada di dalam Kristus dan hidup sebagai hambaNya… maka jangan takut saudaraku… sama seperti keberhasilanmu  menjadi keberhasilan Tuhan, maka kegagalanmu juga akan menjadi tanggunganNya.

Apa pun kegagalan saudara di masa lalu, mari kita BANGKIT KEMBALI, karena bersama dengan Tuhan kita akan melakukan perkara – perkara yang ajaib. Sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Demikian saja secara singkat yang bisa aku bagikan mengenai arti dari sebuah kegagalan.

Pada akhirnya biarlah kita tidak hanya mengerti  APA ARTI DARI KEGAGALAN, tetapi yang lebih penting adalah APA YANG AKAN SAUDARA LAKUKAN setelah mengerti akan kegagalan.

Kegagalan Adalah Sebuah Pilihan

Jika saudara di luar Kristus… apakah saudara ingin mendapatkan KEBERHASILAN SEJATI (KESELAMATAN KEKAL) ?

Dan jika saudara sudah di dalam Kristus… sudahkan saudara MEMENUHI PANGGILAN HIDUP INI ?

Mari kita sama – sama renungkan dan ambil keputusan yuk :)


Terima kasih kepada saudari seimanku Vili Su atas topiknya.
Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada 23 Feb 2012.
Tidak ada hak cipta. Silahkan dikopi dan disebarluaskan demi kemuliaan nama Tuhan.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan hanya bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>