Kutipan Kotbah Rev. Dr. Niko Njotorahardjo Di Kebaktian City Harvest Church – “Pencurahan Roh Kudus, Kesatuan Gereja – Gereja, Dan Penuaian Besar – Besaran” – 9 Juni 2012

Rev. Dr. Niko Njotorahardjo - PenulisHidupku.Com - 3

Pada waktu Tuhan Yesus akan naik ke surga Dia memberikan pesan-Nya yang terakhir kepada para muridNya. Kisah Para Rasul 1:8 – 10 mencatat

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Saya sangat percaya kalau yang melihat Tuhan Yesus naik ke surga adalah para muridnya, maka yang akan melihat Dia kembali lagi juga adalah para muridNya. Ini berarti kita sebagai para muridNya di jaman ini mendapatkan hak untuk menyambut kedatanganNya yang kedua kali dan saya percaya waktunya sudah sangat dekat.

Setelah menyaksikan kenaikan Tuhan Yesus ke surga, para murid pergi ke Yerusalem. 120 orang banyaknya berkumpul di kamar loteng. Sambil menunggu janji Tuhan, mereka semua bertekun di dalam doa bersama – sama. Setelah 10 hari, tiba – tiba terdengar suatu tiupan angin keras dan tampaklah lidah – lidah api di atas kepala mereka. Mereka penuh dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam bahasa lain. Dengan urapan Roh Kudus para murid Yesus kemudian menjadi saksiNya dan menjungkir balikkan dunia. Pada jaman itu terjadi penuaian jiwa – jiwa secara besar – besaran.

Saya percaya bahwa keadaan kita hari – hari ini sama dengan kondisi yang dihadapi para murid Yesus 2,000 tahun yang lalu. Ketika akan memasuki tahun 2012, Tuhan berbicara kepada saya bahwa tahun 2012 adalah tahun perkenanan Tuhan. Multiplikasi dan promosi terjadi karena perkenanan Tuhan.  Mujizat Tuhan masih terus ada. Yang kedua, Tuhan juga mengatakan bahwa tahun 2012 adalah awal penuaian jiwa untuk akhir jaman secara besar – besaran. Tuhan berkata ke saya beberapa tahun terakhir bahwa Tuhan akan mencurahkan RohNya. Pada waktu Roh Kudus dicurahkan akan ada tanda – tanda yang terjadi.  Mari kita baca di dalam Yoel 2:28-30

“Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas.”

Jadi akan ada 3 tanda yang akan terjadi saat Roh Kudus dicurahkan:

  1. 3 generasi (anak – anak, pemuda, dan orang tua) akan dipakai Tuhan luar biasa.
  2. Goncangan – goncangan akan terjadi.
  3. Akan banyak orang berseru kepada nama Tuhan dan diselamatkan – (penuaian jiwa besar – besaran)
Bob Jones - PenulisHidupku.Com - 1
Pastor Bob Jones

Ada seorang hamba Tuhan bernama Bob Jones. Beliau masih hidup sekarang (saat tulisan ini dibuat) dan umurnya sekitar 80 tahunan. Dia dipakai Tuhan secara luar biasa selama 4 dekade seperti Daniel. Tahun 1975, Bob Jones meninggal namun Tuhan bangkitkan dia kembali. Dan Tuhan berjanji kepadanya “kamu akan melihat awal penuaian 1 milyar jiwa dan itu mulai terjadi tahun 2012″. Bob Jones melihat kemuliaan Tuhan turun saat goncangan – goncangan terjadi. Saudara – saudaraku ini adalah sesuatu yang luar biasa. Pada 14 – 18 Mei 2012 yang lalu, ada seorang hamba Tuhan bernama Leslie Keegel mendapatkan suatu pesan dari Tuhan yang mengatakan bahwa melalui WPA ini adalah tanda pendahuluan untuk terjadi suatu penuaian jiwa besar – besaran yang akan melanda dunia karena Roh Kudus dicurahkan.

Mari kita semua arahkan mata dan pikiran kita kepada penuaian jiwa besar – besaran yang harus terjadi karena Roh Kudus dicurahkan dan kemuliaan Tuhan turun. Saya percaya kalau saudara menangkap ini, saudara akan diberkati oleh Tuhan secara luar biasa. Itulah sebabnya saya katakan bahwa keadaan kita hari – hari ini sama dengan keadaan para murid Tuhan Yesus 2,000 tahun yang lalu. Tuhan janji akan mencurahkan Roh-Nya dan terjadi penuaian jiwa besar – besaran. Dan bagian kita adalah harus menjadi saksi Kristus.

Saudara perhatikan baik – baik. Sebelum Roh Kudus dicurahkan apa yang para murid Yesus lakukan ? Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama – sama. Ini berbicara mengenai UNITY (kesatuan). Setelah mereka mengalami pencurahan Roh Kudus ada beberapa ciri dari saksi Yesus:

  1. Mereka berbahasa Roh.
  2. Mereka menjadi saksi Yesus. Mereka tidak bisa tinggal diam melihat orang – orang yang kekurangan. Mereka selalu menabur sehingga dikatakan mereka yang berlebih memberi kepada mereka yang kekurangan. Sehingga tidak ada yang berkekurangan di antara mereka.
  3. Mereka dipakai dalam tanda dan mujizat. Selama 6 tahun terakhir, Tuhan memakai saya untuk menyalurkan tanda dan mujizat. Tetapi ini tidak berarti saudara – saudara tidak bisa dipakai oleh Tuhan. Saudara semua pun akan dan bisa dipakai oleh Tuhan. Melalui TV, Tuhan menyembuhkan banyak orang di Indonesia. Dan orang yang disembuhkan tidak hanya orang Kristen, tetapi juga agama – agama lain. Saya percaya hari – hari ini mujizat tetap masih ada, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Singapura. Apa yang saudara butuhkan saat ini ? Saya katakan kepada saudara… tahun 2012 adalah tahun perkenanan Tuhan. Mujizat masih ada ! Mujizat masih ada ! Mujizat masih ada !
  4. Semua orang percaya menjadi SATU. Mereka suka bersama – sama dan mereka disukai oleh lingkungan mereka. Setiap hari Tuhan menambahkan jumlah mereka yang diselamatkan. Saya percaya kata KESATUAN (UNITY) menjadi sangat penting. Kalau saudara ingin mengalami penuaian jiwa besar – besaran di akhir jaman, maka tidak ada cara lain, kita haru hidup dalam UNITY.

Saudara.. tanggal 14 – 18 Mei yang lalu, WPA yang kedua dilakukan di SICC, di tempat kami di Indonesia. WPA yang pertama terjadi di Korea Selatan 28 tahun yang lalu, tempat David Yonggi Cho, di yeouido plaza yang saat itu bukan gedung gereja. Luar biasa sekarang giliran tempat kita di Indonesia yang Tuhan pakai untuk WPA juga. Perijinan SICC itu bukan untuk gereja sama dengan yeouido plaza. Tahun 2001, pada waktu itu Yonggi Cho ada di Surabaya dan dia bernubuat bahwa kaki dian dari Korea Selatan pindah ke Indonesia. Saya tidak mengerti apa maksud nubuatan itu pada saat itu. Tetapi tahun 2001 tersebut Tuhan meminta saya untuk mulai mencari tanah untuk membangun SICC. Tiga tahun yang lalu seorang pendoa syafaat kita melihat kaki dian doa turun di SICC. Saya masih belum juga mengerti, tetapi sekarang saya menjadi lebih mengerti walaupun belum mengerti secara sepenuhnya… dengan terjadinya WPA di tempat kami.

Pada waktu puncak acara saat penutupan di gelora bung Karno, ada penyalaan obor kesatuan. 12 orang dipilih untuk menyalakan obor tersebut, termasuk saya yang terpilih. 6 di antaranya utusan dari benua – benua. 6 dari Indonesia. 1 dari Katolik, 2 dari protestan, 1 dari pentakosta, dan yang dua (saya dan pendeta Daniel Panji) mewakili doa nasional. Saudara waktu saya menyalakan obor, saya hanya bisa menangis. Kenapa ? Sebab dulu gereja saya dan diri saya sebagai pendeta ditolak oleh begitu banyak gereja lainnya di Indonesia. Sampai saya disuruh Tuhan untuk datang meminta maaf kepada gereja – gereja lainnya dan disuruh untuk menurunkan nama gereja. Setelah itu kami semua mulai pulih… dan 10 tahun berlalu… Tuhan memilih saya malam itu untuk mewakili suatu kesatuan, saya hanya bisa menangis… dan saya tahu ini pesan Tuhan ke depan. Penuaian 1 milyar jiwa kuncinya gereja – gereja harus bersatu. Bayangkan saudara di Indonesia, gereja Katolik dengan Protestan, Pantekosta, dan Karismatik sekarang bergandengan tangan bersama – sama. Dan saya percaya ini yang dikehendaki oleh Tuhan.

Ada satu doa Yesus yang seringkali dijadikan guyonan, yakni di Yohanes 17. Karena doa yang satu ini sepertinya belum dijawab oleh Tuhan. Namun saya percaya kalau gereja – gereja bersatu maka dunia akan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, bahwa Yesus adalah penyelamat itu.

Kalau saya ingat saudara – saudara… 10 tahun yang lalu bagaimana saya harus datang ke gereja – gereja lain untuk minta maaf dan saya harus menurunkan nama gereja… itu semua tidak gampang… tetapi itu yang Tuhan mau. Saya tahu bahwa sebagai gereja kita memiliki kepentingan masing – masing, tetapi di hadapan Tuhan yang lebih penting lagi adalah kita bersama – sama. Bukan dilebur menjadi satu tetapi bergandengan tangan. Saya percaya melalui ini semua dunia akan melihat penuaian jiwa besar – besaran terjadi.

Rev. Dr. Niko Njotorahardjo - PenulisHidupku.Com - 1Rev. Dr. Niko Njotorahardjo - PenulisHidupku.Com - 2Rev. Dr. Niko Njotorahardjo - PenulisHidupku.Com - 4


Terima kasih kepada Rev. Dr. Niko Njotorahardjo dan City Harvest Church atas firman-Nya.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

TULISAN TERKAIT

One thought on “Kutipan Kotbah Rev. Dr. Niko Njotorahardjo Di Kebaktian City Harvest Church – “Pencurahan Roh Kudus, Kesatuan Gereja – Gereja, Dan Penuaian Besar – Besaran” – 9 Juni 2012

  1. Hello There. I discovered your blog the use of msn. This is a really well written article. I will be sure to bookmark it and return to read extra of your helpful information. Thanks for the post. I’ll certainly return.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>