Pentingnya Membaca / Mendengarkan, Merenungkan, dan Melakukan Firman Allah Yang Hidup

Alkitab - Firman Tuhan Allah - PenulisHidupku.Com - 1

Hari ini saya ingin membagikan sedikit secara singkat yang saya tahu mengenai mengapa kita harus membaca / mendengarkan, merenungkan, dan melakukan Firman Tuhan.

Yohanes 1:1 – “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan FIRMAN ITU ADALAH ALLAH

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa membaca / mendengarkan Firman Tuhan sama saja dengan memasukan Allah ke dalam diri kita. Ada 3 hal yang bisa kita dapatkan dari diri Allah:

  • KarakterNya. Kita semakin mengenal SIAPA TUHAN, apa pribadiNya. Dan tanpa kita sadari melalui proses, apa yang kita suka akan mengikuti kesukaan Dia. Apa yang kita rindukan akan mengikuti kerinduanNya. Dan apa yang Dia benci, juga akan kita benci. Dengan kata lain semakin hari karakter kita akan semakin menyerupai karakterNya.
  • RencanaNya. Kita akan mengetahui rencanaNya untuk hidup manusia secara keseluruhan, dunia ciptaanNya, dan juga panggilan hidup kita masing – masing secara individu yang unik dan spesifik.
  • KuasaNya. Apa yang bisa Ia lakukan dan mengapa Dia layak mendapatkan segala kehormatan dan kemuliaan.

Karena ketiga itulah, ketika Allah masuk ke dalam diri kita melaui FirmanNya, kita akan memiliki apa yang namanya IMAN.

Roma 10:17 – “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

Ibrani 11:1 – “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Dengan membaca / mendengarkan Firman Tuhan kita bisa memiliki keyakinan akan mendapatkan segala sesuatu yang tidak (belum) kita lihat, karena kita memiliki Allah (rencanaNya, pribadiNya, dan kuasaNya) di dalam diri kita.

Walaupun apa yang kita harapkan sesuai dengan kehendak Tuhan (tidak bertentangan dengan karakter dan hukumNya Tuhan) dan walaupun juga kita memiliki keyakinan yang luar biasa (iman), namun kita tidak mengambil tindakan (melakukan / berbuat) maka iman itu mati (hasil yang kita harapkan juga akan mati).

Yakobus 2:26 – “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.”

Jadi saudara, membaca / mendengarkan Firman Tuhan adalah langkah awal untuk mengenal lebih jauh mengenai SIAPA ALLAH dan SIAPA KITA. Dari sana kita tahu apa yang menjadi kebutuhan kita, tugas kita, dan hak kita. Dari sana kita memiliki keyakinan untuk meminta. Dan bersama dengan RohNya kita akan dibimbing, disertai, dan dituntun sehingga apa yang kita doakan / gumulkan akan mendatangkan hasil. Dan ketika kita berhasil, Allah Bapa semakin dipermuliakan melalui kesaksian hidup kita dan kita semakin bertambah intim denganNya. Karenanya saudara… kejarlah pengenalan akan Firman Tuhan, renungkanlah, dan bersama RohNya lakukanlah ! Tuhan Yesus memberkati !


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra
Tidak ada hak cipta, silahkan dikopi dan disebarluaskan.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

TULISAN TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>