Pengertian Trinitas (ALLAH TRITUNGGAL) Dan Modalisme

Trinitas - PenulisHidupku.Com - 1Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbincang – bincang dengan beberapa rekan mengenai Trinitas (Allah Tritunggal) dan saya menemukan banyak yang memiliki pengartian yang tidak sama. Hari ini saya ingin membahas hanya DARI SEGI DEFINISI (arti) mengenai Trinitas. Dan sumber yang saya gunakan adalah wikipedia. Saudara bisa nanti cek sendiri melalui link yang saya berikan di bawah akhir tulisan ini.

PENGERTIAN TRINITAS
Secara definisi Trinitas berarti doktrin yang mengartikan Tuhan sebagai 3 pribadi: Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Ketiga pribadi tersebut berbeda, namun mereka adalah satu. Pengertian ini memang sulit didengar pada awalnya, namun saya menemukan penjelasan yang cukup sederhana yakni dengan membandingkan hal ini dengan diri kita. Sebagai manusia kita terdiri dari Tubuh, Jiwa, dan Roh. Tubuh tidak sama dengan Jiwa dan Roh, Jiwa tidak sama dengan Tubuh dan Roh, dan Roh juga tidak sama dengan Tubuh dan jiwa. Walau demikian ketiga bagian kita tersebut adalah satu kesatuan. Tanpa salah satunya maka kita tidak bisa hidup.

Shield-Trinity-Scutum-Trinitas - PenulisHidupku.Com - 1

PENGERTIAN MODALISME
Modalisme adalah pengertian yang mengatakan bahwa Tuhan itu adalah satu yang tidak dapat terbagi dan Dia bisa menjelma menjadi 3 wujud atau mengenakan 3 macam topeng. Penjelasan sederhana dari pengertian ini adalah menggunakan hidup seorang lelaki bernama John. Di rumah dia adalah seorang suami, di kantor dia adalah seorang direktur, dan di gereja dia adalah pemimpin koor. Perannya beda, tapi orangnya sama… dia dia juga.

Modalisme - PenulisHidupku.Com - 1

PENGERTIAN YANG SALAH
Banyak orang memiliki pengertian bahwa Trinitas memiliki definisi dari Modalisme seperti yang dibahas di atas. Jadi melalui definisi yang saya baca melalui wikipedia, kita tahu sekarang bahwa Trinitas itu tidak sama dengan modalisme. Saya pribadi percaya kepada Trinitas dan bukan kepada Modalisme. Argumen saya terhadap Modalisme adalah tidak adanya hubungan yang intim dari ketiga aspek KeAllahan. Jadi:
- Ketika Yesus berdoa di taman Getsemani menurut paham Modalisme Yesus sedang berdoa kepada diriNya sendiri.
- Menurut paham Modalisme, kalau Yesus = Allah Bapa, mengapa Dia takut Bapa memalingkan muka kepadaNya waktu Dia di atas kayu salib (kan sama saja Dia memalingkan muka terhadap diriNya sendiri).

Demikian pembahasan singkat saya mengenai pengertian Trinitas dan Modalisme. Ini adalah topik yang sangat sulit untuk digali lebih dalam lagi dan dengan jujur saat ini di luar kapasitas saya untuk mengerti dan memahaminya hehehe. Semoga menjadi masukan yang berguna.


Sumber 1: Pengertian Trinitas: http://en.wikipedia.org/wiki/Trinity
Sumber 2: Pengertian Modalisme: http://en.wikipedia.org/wiki/Modalism
Terima kasih kepada wikipedia atas penjelasannya.
Terima kasih kepada pastor G.Reckart atas diagram mengenai modalisme.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

TULISAN TERKAIT

2 thoughts on “Pengertian Trinitas (ALLAH TRITUNGGAL) Dan Modalisme

  1. Mau tanya nih. Mana yang benar dari 2 pernyataan berikut:

    1. Bapa memberikan (menyuruh) Anaknya yang Tunggal yaitu Yesus untuk turun kedalam dunia.

    2. Bapa sendiri yang turun ke dalam dunia menjadi manusia yang diberi nama Yesus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>